Pelajaran Dasar Dalam Pemograman PHP

Hai mancingers, balik lagi nih.. Kali ini gue mau kasih tau nih dasar – dasar dari bahasa pemograman yang gue lumayan ahli yaitu PHP. Kali ini tulisan ini lebih gue tujukan buat junior – junior gue yang suka nanya belajar PHP mulai darimana?. Nah dari situ gue udah agak kesel hahaha karena turn over gue buat ketemu junior lumayan cepet, jadi capek juga kalo udah jelasin satu junior atau bisa gue sebut anak magang yang kerja di tempat gue. Yakali tiap ada pergantian anak magang gue harus jelasin dari awal berkali kali.

Ya karena gue udah males jelasin jadinya gue bakalan minta mereka baca blog ini, moga aja kalian ngerti ya. Oke tanpa basa – basi langsung mulai aja ya, hal dasar pada pemograman PHP.

1. Tag PHP 

Apa itu tag PHP? Yang dimaksud tag PHP adalah, tanda bahwa kita sudah menulis code dengan bahasa pemograman PHP. Dengan menggunakan tanda:

<?php (Sangat dianjurkan sebagai pembuka)

<? (tidak dianjurkan sebagai pembuka)

Diatas adalah tanda pembuka tag PHPnya, dan untuk menutup codenya bisa dengan tanda: 

?>

Contoh code: 

<?php

echo “Hello world”;

?>

Output: Hello world

2. Echo PHP

Maksudnya adalah, cara menampilkan data yang kita inginkan dan contoh pada point 1 adalah saya menampilkan Hello world. Pada PHP anda bisa menggunakan print juga untuk menampilkan data. Bedanya hanya echo bisa menampilkan lebih dari satu parameter dan print tidak bisa. Dari segi kecepatan echo lebih cepat, walaupun tidak terlalu ketara bedanya.

Contoh multiple parameter pada echo: 

<?php

echo “Hai”, “ini”,”saya”,”tuby mancingers”;

?>

Jika kalian  mengganti echo dengan print, maka hasilnya akan error bisa kalian coba sendiri ya.

3. Data Tipe PHP

String
Integer
Float (floating point numbers – also called double)
Boolean
Array
Object
NULL
Resource

Itu data tipenya ya, tapi di PHP tidak perlu didefinisikan pada variable yang akan digunakan ya, tidak seperti java yang harus didefinisikan diawal tipe data variable tersebut. 

0 8 months ago by Tuby Kilopu