Menghadapi Error Undefined Index PHP

Hai mancingers, kali ini gue mau berbagi lagi nih tips and trick untuk mengatasi error undefined index pada PHP. Biasanya ya guys, kalo kita menghadapi error tersebut tuh, dikarenakan indexnya tidak ada pada variable yang kita pakai. Contohnya: 

<?php

$array = array(“data”=>”ini adalah data”);

echo $array[‘data’]; // success

echo $array[‘datadua’]; // error undefined index, karena index data belum saya masukkan pada arraynya

?>

Jadi sudah diberikan penjelasannya dan semoga saja kalian paham, kalo tidak paham boleh komentar disini untuk ditanyakan bagian mananya yang tidak paham, oh iya pasti pada bertanya – tanya cara mengatasi error undefined index tersebut? Tenang disini juga kita bahas kok untuk mengatasi error tersebut, caranya seperti dibawah ini: 

1. metode (isset)

Metode ini sangat dianjurkan bagi kalian yang datanya kadang ada kadang tidak ada indexnya pada variable. Maksudnya adalah ketika index datadua indexnya tidak pasti terset, maka sebaiknya anda menambahkan isset pada baris kode anda. Bisa dilakukan dengan contoh seperti ini: 

<?php

$data = array(“buah”=>”apple”);

if (isset($data[‘sayuran’])){

echo $data[‘sayuran’];

}

?>

Maka dengan kode diatas seharusnya sudah tidak ada lagi error undefined index

2. Menambahkan tanda @ sebelum variable undefined index (sangat tidak dianjurkan) 

Jadi ada lagi nih metodenya yaitu menambahkan simbol @ sebelum variable yang terkena error, tapi kenapa sangat tidak dianjurkan? Karena dia hanya tidak menampilkan error tersebut pada user, tapi dampaknya adalah error_log tetap tercatat, sehingga ukuran file error_log akan bertambah besar setiap orang mengakses page yang ada error undefined index. Contohnya bisa dilakukan dengan seperti ini: 

<?php 

$data = array(“buah”=>”Pisang”);

echo @$data[‘sayuran’];

?>

Simple dan beresiko dengan metode ini, jadi saya tetap sarankan untuk memakai metode nomor 1 ya mancingers. Silahkan mencoba dan jangan lupa subscribe ya!

 

1 8 months ago by Tuby Kilopu