Dokter yang tidak kompeten

haloo semua.. saya ingin sharing cerita dan tanya pendapat kalian semua..

Nyokap saya sakit sudah beberapa bulan belakangan. Kaki nya bengkak, cepet lelah, jantung berdebar dan marah2 terus (mungkin kalo marah2 nya karna dah tua juga lol :p). kami sekeluarga bawa nyokap berobat ke dokter di sebuah rumah sakit besar dan cukup terkenal di daerah utara. dokter tsb mendiagnosa nyokap terkena penyakit Hipotiroid dimana kelenjar tiroid dalam tubuh tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup untuk tubuh. Diberikanlah obat untuk menambah tiroid dalam tubuh atau tiroid pengganti. Setelah 1 bulan berobat saya curiga kok gak sembuh-sembuh dan kakinya malah makin sering bengkaknya. kebetulan saya punya saudara yang seorang dokter radiologi. saya tanya ke dia dan kasih tau gejala-gejala penyakit nyokap. dia bilang kemungkinan nyokap terkena grave disease atau Hipertiroid. Hipertiroid adalah dimana terdapat produksi hormon tiroid yang berlebihan di dalam tubuh. Lahh saya jadi bingung kan, dokter 1 bilang Hipo dan sodara saya bilang Hiper. itu adalah 2 penyakit yang bertolak belakang dengan obat yang bertolak belakang pula.

Akhirnya saya tanya-tanya kekenalan saya adakah yang tau dokter yang bagus di bagian endokrin. saya d saran kan ke 1 Profesor Doktor di sebuah rumah sakit ternama di jakarta. saya datengin lah itu dokter, setelah ngantri 4 jam dan baru dapet nomor jam 11.30 malam, dokter tsb minta nyokap cek darah ulang. yang dia minta cek adalah TSH (salah satu hormon tiroid). saya bawa cek dan TSH nya rendah sekali. beliau bilang nyokap benar terkena Hipotiroid. Saya pikir ohhh berarti sodara saya yang salah. saya berbicara dengan sodara saya, sya bilang bener kok kena nya hipo bukan hiper. sodara saya kekehhh bilang itu hiper karena kalau hipo kaki tidak bengkak dan gejala2 yang ada lebih menjurus ke hiper. okeeeeee saya tambah bingung…. lalu sodara saya minta saya cek T3 dan T4 nyokap (2 hormon anak dari TSH). okelah saya pikir ga ada salahnya di cek aja biar pasti diagnosisnya yang mana yang bener. ternyataaaaaa T3 dan T4 nya bener suangaaaatttttt tinggi.

Setelah cek lab lagi saya kembali ke Profesor Doktor tsb dengan membawa hasil lab T3 dan T4. Saya bilang ke dokternya kmrn saya ada cek lab lagi dan ternyata T3 dan T4 nyokap sangat tinggi. Dokternya malah nanya “siapa yang suruh cek itu? saya kan hanya suruh cek TSH” saya bilang aja orang lab nya menawarkan dok supaya lebih pasti ini hipo atau hiper. Welehhhh betapa kagetnya saya sewaktu dokternya malah MARAHHHHH… iya dia marahhh katanya buat apa cek saya kan tidak suruh bla bla bla.. dia bahkan sampe mau telepon ke lab nya dan maki2 itu orang lab kckckckkc. saya blang udah jangan dok, yang penting diagnosa nyokap ini sbnrnya apa hipo atau hiper. dannn dia bilang bener diagnosa nya Hiper!!!

Udah salah diagnosa, marah2 karna saya cek lab yang mungkin dia lupa suru, salah kasi obat.. welehhhh..

gimana pendapat pembaca semua dengan kompetensi dokter-dokter yang ada di Indonesia? ini hanya 1 contoh yang saya sendiri rasakan betapa tidak kompetennya dokter.

 

TL;DR : nyokap sakit,bawa ke dokter yg uda jadi profesor, salah diagnosa,salah kasi obat (obat berlawanan dengan pernyati nyokap), kasi tau dokternya kalo dia salah diagnosa, dokternya marah2

44 8 months ago by pippo_
    • 6
    damin12:

    sedikit share aja nih.. kebetulan temen gue ada yg kerja di kedutaan US dan katanya mreka (bule2) ga ada yg pcaya ama dokter2 sini. walo cuma patah tulang aja, mereka langsung ke Singapore untuk cek nya

      • 4
      yippikayyee:

      sama gann, sedikit share juga yah.. 

      ane di ceritain sama ibu ane.. ini kejadian udah lama bgt sih, detailnya ane juga agak2 lupa.. tapi secara garis besar kurang lebih begini..

      paman ane waktu itu sakit, klo ga salah jantung deh (maap ane ga gtu yakin karena ini kejadian waktu ane kecil)..udah di bawa ke dokter indo, di kasih obat 1 lusin, banyak bangeetttt gannn..

      nah, suatu hari ibu ane mau check up di singapore dan di ajakah paman ane utk ikutan berobat ke sana…pas di sana, di tunjukin lah obat2an yang di beri dokter di indonesia… dokter singapore itupun kaget dan membuang hampir semua obat2an itu..paman saya hanya di beri 1 obat saja..

      dokter singapore menjelaskan kalo obat itu sebenarnya “racun” dan semakin banyak kita mengkonsumsi obat, semakin banyak efek samping yang akan ada..dia juga menjelaskan ,kebanyakan dokter di indonesia memberi obat yg banyak supaya mendapat  “komisi” dari si produsen obat itu…

       

      kalo memang memungkinkan, mending berobat di luar aja deh… =___=

        • 3
        pippo_:

        Iya gan emang d kasih obat segunung. Bngung juga buat apaan aja. Thanku info nya gan

    • 6
    astro:

    saya juga punya pengalaman kurang enak sob..

    jadi waktu itu papa saya ada rasa sakit di kakinya. karena belum sembuh2 juga, saya akhirnya memutuskan utk cek up.

    setelah browsing2 dan cari tau, akhirnya saya memutuskan utk ke salah satu rumah sakit di daerah kedoya. 

     

    mengingat papa saya juga mengidap kencing manis, maka sebelum pergi, saya mencari info dari kenalan tentang siapa dokter yg saya harus temui. lalau seorang teman menyarankan utk datang ke seorang dokter specialis.

    akhirnya saya pergi ke RS itu. setelah menunggu tidak terlalu lama, saya akhirnya bertemu dengan dokter ini. dokter ini sudah agak tua (skitar 60 tahunan). kesan pertama nya agak galaktapi saya pikir yah mungkin dokter tua dan terkenal memang seperti itu. lalu papa saya menjelaskan ttg keluhan nya secara detail. ppa saya memang ngomongnya agak lambat, si dokter mendengar keluhan papa dan sepertinya dia sudah bosan,krna dia mndengar sambil menopangkan dagunya. 

    stelah itu giliran dokter ini memeriksa papa. dokter ini membaringakn papa dengan agak kasar, samapi papa saya teriak kesakitan. lalu di sokter ini meresponse dengan nada agak kesal dan bilang ” ah gtu aj sakit,kek ank kcil aja!”

    mendengar itu emosi saya naik . ini dokter ga tau sopan santun. saya kenal papa saya, kalo dia tidak kesakitan baget, dia gak akan mengeluh. lalu si dokter ini  ga pake A B C D lgs tawarin oprasi. karena saya uda kesel bgt, saya lgs tolak aja tawaran dia dan muka dia langsung di tekuk. saya lgs keluar ruangan dan di dokter ini ga ngomong apa2. 

      • 3
      pippo_:

      Buset.. emang dokter2 senior bgtu semua kali yah sikapnya. Berasa udah senior dan terkenal jd seenak jidat. Pindah dokter aja gan. Thanks sharingnya btw.. semoga papa agan cpt ktemu dokter yg cocok..

    • 5
    bungur_besar:

    wah, boleh tau rumah sakit apa ga?

      • 3
      pippo_:

      Ga enak sebut nama gan.. rs nya terkenal d daerah selatan.

    • 4
    grow_bucks:

    yahh, namanya juga dokter di indonesia.. selalu benarr…yg sabar yahh..

    coba aja minta referensi dokter dari sodaranya…

    semoga cepet sembuh yah :)

      • 3
      pippo_:

      Iya emang gan.. dokter indo ga bsa d arepin. Thanku gan.. 

    • 4
    Dr.Mook:

     kebetulan saya punya saudara yang seorang dokter radiologi. saya tanya ke dia dan kasih tau gejala-gejala penyakit nyokap. dia bilang kemungkinan nyokap terkena grave disease atau Hipertiroid.

    kenapa ga coba di cek sama sodaranya aja?keknya sodara lu cukup kompeten…

      • 3
      pippo_:

      Karna sodara ane radiologi gan. Ga kompeten untuk ksh resep obat dll. Dia cma bsa ksh saran aja. Lbh enak ke endokrin lgsg yg harusnya bnr2 ngerti ampe detail

      • 0
      angel95:

      dokter spesialis mana pun pasti tau sedikit-sedikit ttg penyakit lain di luar speciality nya gan. tapi dia gak tau mendetail. jd lebih baik berobat ke spesialis yang tepat :)

    • 3
    yesssir:

    wah, banyak istilah2 medis nihh.. anyway, semoga cepet sembuh yah

    • 0
    angel95:

    wah saya juga pernah tuh ketemu dokter yang kolot begitu. Kita tanya apa malah galak marah2. kita tanya perlu gak di cek ini itu malah di bilang ga percaya ama dia, huftt. giliran saya bawa ke luar negri dokternya enak banget, di tanya apa yang keluarga ga ngerti dia jelasin ampe detail. dia kasih tau cek up apa aja yg ga perlu. ga nyuruh2 macem2, gak galak dan kasih obat yg perlu doang.

     

    saya bawa obat2an yang di kasih dokter indo dan dia sampe bingung kenapa minum obat bgtuan. kebanyakan cuma semacem vitamin doang yang sebenernya kaga perlu dan mahal harganya.

     

    sabar yah sis semoga ketemu dokter yang cocok soon dan cepet sembuh :)

    • 0
    angel95:

    wah saya juga pernah tuh ketemu dokter yang kolot begitu. Kita tanya apa malah galak marah2. kita tanya perlu gak di cek ini itu malah di bilang ga percaya ama dia, huftt. giliran saya bawa ke luar negri dokternya enak banget, di tanya apa yang keluarga ga ngerti dia jelasin ampe detail. dia kasih tau cek up apa aja yg ga perlu. ga nyuruh2 macem2, gak galak dan kasih obat yg perlu doang.

     

    saya bawa obat2an yang di kasih dokter indo dan dia sampe bingung kenapa minum obat bgtuan. kebanyakan cuma semacem vitamin doang yang sebenernya kaga perlu dan mahal harganya.

     

    sabar yah sis semoga ketemu dokter yang cocok soon dan cepet sembuh :)

    • 4
    Dr.Mook:

     kebetulan saya punya saudara yang seorang dokter radiologi. saya tanya ke dia dan kasih tau gejala-gejala penyakit nyokap. dia bilang kemungkinan nyokap terkena grave disease atau Hipertiroid.

    kenapa ga coba di cek sama sodaranya aja?keknya sodara lu cukup kompeten…

      • 0
      angel95:

      dokter spesialis mana pun pasti tau sedikit-sedikit ttg penyakit lain di luar speciality nya gan. tapi dia gak tau mendetail. jd lebih baik berobat ke spesialis yang tepat :)

      • 3
      pippo_:

      Karna sodara ane radiologi gan. Ga kompeten untuk ksh resep obat dll. Dia cma bsa ksh saran aja. Lbh enak ke endokrin lgsg yg harusnya bnr2 ngerti ampe detail

    • 6
    astro:

    saya juga punya pengalaman kurang enak sob..

    jadi waktu itu papa saya ada rasa sakit di kakinya. karena belum sembuh2 juga, saya akhirnya memutuskan utk cek up.

    setelah browsing2 dan cari tau, akhirnya saya memutuskan utk ke salah satu rumah sakit di daerah kedoya. 

     

    mengingat papa saya juga mengidap kencing manis, maka sebelum pergi, saya mencari info dari kenalan tentang siapa dokter yg saya harus temui. lalau seorang teman menyarankan utk datang ke seorang dokter specialis.

    akhirnya saya pergi ke RS itu. setelah menunggu tidak terlalu lama, saya akhirnya bertemu dengan dokter ini. dokter ini sudah agak tua (skitar 60 tahunan). kesan pertama nya agak galaktapi saya pikir yah mungkin dokter tua dan terkenal memang seperti itu. lalu papa saya menjelaskan ttg keluhan nya secara detail. ppa saya memang ngomongnya agak lambat, si dokter mendengar keluhan papa dan sepertinya dia sudah bosan,krna dia mndengar sambil menopangkan dagunya. 

    stelah itu giliran dokter ini memeriksa papa. dokter ini membaringakn papa dengan agak kasar, samapi papa saya teriak kesakitan. lalu di sokter ini meresponse dengan nada agak kesal dan bilang ” ah gtu aj sakit,kek ank kcil aja!”

    mendengar itu emosi saya naik . ini dokter ga tau sopan santun. saya kenal papa saya, kalo dia tidak kesakitan baget, dia gak akan mengeluh. lalu si dokter ini  ga pake A B C D lgs tawarin oprasi. karena saya uda kesel bgt, saya lgs tolak aja tawaran dia dan muka dia langsung di tekuk. saya lgs keluar ruangan dan di dokter ini ga ngomong apa2. 

      • 3
      pippo_:

      Buset.. emang dokter2 senior bgtu semua kali yah sikapnya. Berasa udah senior dan terkenal jd seenak jidat. Pindah dokter aja gan. Thanks sharingnya btw.. semoga papa agan cpt ktemu dokter yg cocok..

    • 6
    damin12:

    sedikit share aja nih.. kebetulan temen gue ada yg kerja di kedutaan US dan katanya mreka (bule2) ga ada yg pcaya ama dokter2 sini. walo cuma patah tulang aja, mereka langsung ke Singapore untuk cek nya

      • 4
      yippikayyee:

      sama gann, sedikit share juga yah.. 

      ane di ceritain sama ibu ane.. ini kejadian udah lama bgt sih, detailnya ane juga agak2 lupa.. tapi secara garis besar kurang lebih begini..

      paman ane waktu itu sakit, klo ga salah jantung deh (maap ane ga gtu yakin karena ini kejadian waktu ane kecil)..udah di bawa ke dokter indo, di kasih obat 1 lusin, banyak bangeetttt gannn..

      nah, suatu hari ibu ane mau check up di singapore dan di ajakah paman ane utk ikutan berobat ke sana…pas di sana, di tunjukin lah obat2an yang di beri dokter di indonesia… dokter singapore itupun kaget dan membuang hampir semua obat2an itu..paman saya hanya di beri 1 obat saja..

      dokter singapore menjelaskan kalo obat itu sebenarnya “racun” dan semakin banyak kita mengkonsumsi obat, semakin banyak efek samping yang akan ada..dia juga menjelaskan ,kebanyakan dokter di indonesia memberi obat yg banyak supaya mendapat  “komisi” dari si produsen obat itu…

       

      kalo memang memungkinkan, mending berobat di luar aja deh… =___=

        • 3
        pippo_:

        Iya gan emang d kasih obat segunung. Bngung juga buat apaan aja. Thanku info nya gan

    • 3
    yesssir:

    wah, banyak istilah2 medis nihh.. anyway, semoga cepet sembuh yah

    • 5
    bungur_besar:

    wah, boleh tau rumah sakit apa ga?

      • 3
      pippo_:

      Ga enak sebut nama gan.. rs nya terkenal d daerah selatan.

    • 4
    grow_bucks:

    yahh, namanya juga dokter di indonesia.. selalu benarr…yg sabar yahh..

    coba aja minta referensi dokter dari sodaranya…

    semoga cepet sembuh yah :)

      • 3
      pippo_:

      Iya emang gan.. dokter indo ga bsa d arepin. Thanku gan..